Minggu, 11 Desember 2011

Andai saya seorang anggota DPD

Untuk menjalankan tugas, wewenang serta hak seorang anggota DPD. Saya perlu mengetahui keadaan nyata di daerah yang ada di Indonesia, bukan hanya daerah yang mudah di jangkau tetapi juga di daerah – daerah yang sulit di jangkau.  Untuk mengertahui keadaan sebenarnya perlu di adakan penelitian terhadap daerah – daerah tersebut , meski harus membutuhkan banyak waktu dan biaya. Asal seluruh kegiatan tersebut bisa bermanfaat bagi pembangunan di daerah,  bagaimana seorang anggota DPD bisa mengajukan rancangan undang – undang tentang pengolahan sumber daya alam, pengolahan sumber daya ekonomi dan lain sebagainya jika anggota DPD tersebut tidak mengetahui secara langsung keadaan di daerah.
Puluhan tahun pembangunan di laksanakan tetapi masih banyak juga terdengar keluhan – keluhan masyarakat terhadap minimnya pembangunan.  Sebagai anggota DPD saya akan mengajak seluruh anggota DPD untuk bersama – sama kita turun ke daerah – daerah terpencil dan merasakan secara langsung pembangunan yang ada di daerah. Kita keluarkan banyak waktu, banyak biaya untuk sebuah penelitian yang nantinya akan di usulkan kepada DPR untuk perancangan / perbaikan pembangunan di daerah.
Penelitian di maksud meliputi seluruh aspek yang ada di daerah. Sebagai contoh pembangunan di bidang pendidikan, di daerah perkotaan hampir seluruh fasilitas terpenuhi mulai dari pagar sekolah sampai isi dari ruang kelas sekolah tersebut,  yang perlu di perhatikan adalah bagaimana sekolah tersebut menciptakan sumber daya manusia yang handal, bagaimana proses belajar mengajarnya,apa saja yang menjadi kendala bagi peserta didik dalam menempuh pendidikan, bagaimana kualitas para pengajar, kesejahteraan para pengajar serta perhatian pemerintah daerah dan pusat terhadap pendidikan di daerah . untuk daerah – daerah terpencil yang jauh dari perkotaan, bagaimana fasilitas yang di miliki oleh sekolah, mulai dari bangunan kelas sampai isi di dalam kelas, bagaimana dengan tenaga pengajarnya, apakah sekolah di daerah tersebut sudah berjalan sesuai dengan perannya menciptakan Sumber Daya Manusia yang baik atau hanya sekedar menjadi mesin pencetak ijasah saja.
Saya pernah berada di daerah pedalaman Papua,  pernah bersekolah di sana. Sekolah saya berada di daerah kecamatan, Kami punya ruang kelas, punya buku – buku pelajaran yang terbatas, punya tenaga pengajar yang sedikit dan jauh berbeda dengan keadaan di kota. Itu merupakan gambaran dari pendidikan setingkat kecamatan. Lalu bagaimana dengan sekolah – sekolah yang ada di daerah perkampungan , daerah yang bisa di tempuh dengan berjalan kaki dan membutuhkan waktu yang cukup lama.
Anggota DPD harus bisa merasakan langsung daerah – daerah tertinggal yang sulit untuk di jangkau, harus tau masalah apa saja yang perlu di benahi sebelum berbicara atau mengajukan sesuatu kepada DPR. Seluruh anggota DPD harus bersatu dalam melaksanakan tugas untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat Indonesia sesuai dengan UUD dan Pancasila. Banyak hal yang harus di benahi dan perlu kerja keras dari semua pihak untuk membangun Indonesia tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost